Movie review score
5

Di dunia yang dibanjiri oleh multivitamin, isotonic, minuman berenergi, suplemen makanan dan kawan-kawannya…pernahkah kamu merasa menjadi sakit dan merasa lelah adalah…dosa?

Sepertinya sukses adalah milik orang yang bisa kerja 24 jam sehari, yang tanggalan di meja kerjanya item semua. Merekalah yang dianggap hebat, bibit unggul, uberminche, the super race.

Barangkali ini cuma keluhan orang penyakitan yang sirik seperti saya, sih. Memelihara penyakit auto-imun dalam tubuh membuat saya sering paranoid. Saya nggak tahu mana yang lebih menakutkan-penyakit saya atau diri saya sendiri. Sering saat saya beraktivitas, perasaan saya mendadak nggak enak dan saya ketakutan sendiri. Takut jatuh sakit. Saya merasa setolol petani yang lari terbirit-birit karena melihat orang-orangan sawah yang ia bikin sendiri.

Tapi kalo dipikir-pikir saya juga udah kapok check in-check out rumah sakit. Saya nggak tahan kalo dosis kortikosteroid saya harus dinaikkan lagi. Saya nggak mau lagi menanggung efek samping obat. Dokter dan keluarga emang sering wanti-wanti saya biar jangan terlalu lelah dan jangan beraktivitas di bawah matahari.

Ada begitu banyak hal ingin saya lakukan dalam hidup ini. Ada pekerjaan-pekerjaan yang terpaksa harus saya tolak karena alasan kesehatan.

Terkadang hal-hal seperti itu membuat saya merasa seperti pecundang.

Leave a Reply